Rumah Rakyat Aliansi Indonesia, Untuk Kepentingan Bangsa dan Negara

Rumah Rakyat Aliansi Indonesia, Untuk Kepentingan Bangsa dan Negara
Kamis, 18 Jul 2019  11:17   |   Dibaca: 4,078

Banyak yang bertanya-tanya tentang apa itu Rumah Rakyat Aliansi Indonesia (RRAI), sebuah kompleks di atas tanah hampir satu hektar yang terletak di Jl. Raya Pintu II TMII No. 54 RT 10 RW 03, Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Di banner salah satu bangunan yang menjadi bagian dari RRAI jelas tertulis "Rumah Rakyat Aliansi Indonesia, Untuk Kepentingan Bangsa dan Negara".

Ketua Umum Aliansi Indonesia, H. Djoni Lubis, berulangkali menjelaskan tentang apa itu Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) dan apa itu Rumah Rakyat Aliansi Indonesia.

LAI adalah lembaga rakyat, dan rakyat adalah pemegang kedaulatan tertinggi negara. Namun rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi itu pada kenyataannya hanya seperti pelengkap penderita belaka. Rakyat baru dianggap ada dan penting ketika mereka dibutuhkan, yaitu dibutuhkan suaranya saat Pemilu, baik tingkat nasional maupun daerah.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), institusi yang seharusnya menjadi representasi rakyat, pada kenyataannya hanya menjadi perwakilan partai politik (parpol) belaka. Lebih sibuk dengan urusan serta kepentingan pribadi maupun parpolnya. Lebih heboh tentang bagi-bagi kekuasaan ketimbang serius memikirkan dan berbuat untuk rakyat yang mereka wakili.

Kondisi seperti itu mengakibatkan rakyat, terutama masyarakat lemah, menjadi seperti "anak ayam kehilangan induknya". Siapa yang memikirkan rakyat? Di mana rakyat harus mengadu jika mendapat masalah? Di mana rakyat harus mencari keadilan dan kebenaran? Dan masih banyak sederet pertanyaan besar lainnya.

Hal seperti itu tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Rakyat tidak boleh berada dalam situasi keputus-asaan yang berkepanjangan. Sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara, rakyat berhak untuk mendapat pelayanan sebaik-baiknya dari negara melalui pemerintah dan lembaga-lembaga negara lainnya. Sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara, rakyat berhak berperan lebih aktif dalam penyelenggaraan negara, agar berjalan sesuai koridor dan benar-benar untuk menyejahterakan rakyat.

Untuk itulah LAI didirikan, sebagai wadah bagi rakyat untuk aktif berperan dalam penyelenggaraan negara. Sebagai sebuah wadah yang secara langsung berperan dalam menyelesaikan setiap permasalahan rakyat, terutama masyarakat lemah yang termarjinalkan.

RRAI adalah tempat sebagai simbol bagi rakyat. Jika gedung DPR sudah menjadi rumah parpol, di RRAI inilah rumah yang sebenarnya bagi rakyat. Rumah tempat rakyat berkumpul, berbagi, berbuat, sekaligus tempat mengadukan berbagai permasalahan mereka.

Ketika gedung DPR berwarna-warni dalam arti makna, di mana sudah menjadi perwakilan parpol yang beraneka warna, maka RRAI dikonsep dan dibangun dalam balutan warna Bendera Negara Republik Indonesia: Merah Putih.

Berita Terkait
Populer
8
Kamis, 01 Ags 2019  03:10
9
Rabu, 31 Jul 2019  01:59