Terkait Wabah Virus Corona, H. Djoni Lubis: Semua Pihak Harus Bahu Membahu

Terkait Wabah Virus Corona, H. Djoni Lubis: Semua Pihak Harus Bahu Membahu
Rabu, 01 Apr 2020  10:19   |   Dibaca: 2,791

Ketua Umum Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) H. Djoni Lubis mengatakan tidak ada orang yang mau berada dalam situasi seperti sekarang ini, berada dalam ancaman wabah virus Covid-19 atau yang lebih populer dengan sebutan virus corona.

Untuk itu dia minta semua pihak bahu membahu sesuai kemampuan masing-masing serta berhenti saling menyalahkan.

“Situasinya sangat sulit, setiap langkah harus dikalkulasi secara cermat dampak-dampak negatifnya. Pemerintah sudah melakukan upaya optimal, namun tidak mungkin bisa memuaskan semua pihak,” ujarnya.

Menurutnya yang penting sambil setiap individu selalu menjaga diri serta keluarga masing-masing dan agar mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pihak-pihak yang berwenang.

“Sudah saatnya kita harus saling percaya. Keputusan apapun, aturan apapun yang ditetapkan terkait situasi ini adalah yang terbaik untuk kebaikan bersama, meski mungkin membuat tidak senang atau terganggu,” imbuhnya.

H. Djoni Lubis juga berpesan agar masyarakat khususnya anggota dan pengurus LAI untuk tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang penting.

“Saya rasa setiap pengurus LAI tidak mungkin hanya berdiam diri, mengisolasi diri. Karena setiap pengurus LAI punya tanggung jawab sosial. Cuman, jangan keluar rumah selain untuk beraktifitas sebagai bentuk tanggung jawab sosial tersebut,” jelasnya.

H. Djoni Lubis juga menginstruksikan agar angota dan pengurus LAI tidak lengah di tengah wabah corona ini.

“Pertama, sangat mungkin banyak pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan pribadi, memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Yang sudah jelas terjadi seperti harga masker dan obat-obatan yang melambung tinggi sampai harganya tidak masuk akal,” kata dia.

Pun menurutnya akan sangat mungkin situasi seperti ini akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan kejahatan, oknum-oknum aparat pemerintahan untuk mengeruk anggaran yang notabene merupakan uang rakyat dan sebagainya.

“Tetap waspada, tetap awasi penggunaan anggaran di daerah agar tidak terjadi penyalahgunaan jabatan dan wewenang di tengah situasi seperti sekarang ini,” lanjut H. Djoni Lubis.

Begitu pula dengan masyarakat yang masih sangat banyak membutuhkan bantuan, pengurus LAI harus tetap siaga sambil selalu waspada dan menjaga diri masing-masing.
Terakhir, sambil mengingatkan agar semua pihak menjaga diri, menjaga kebersihan dan kesehatan, tak lupa Ketua Umum LAI itu mengajak untuk bersama-sama berdoa agar wabah corona segera bisa teratasi dengan baik.

Berita Terkait
Populer
5
Kamis, 25 Jun 2020  13:27
7
Kamis, 25 Jun 2020  15:55