Tensi Reda, Trump: Negosiasi dengan China ke Jalur yang Benar

Tensi Reda, Trump: Negosiasi dengan China ke Jalur yang Benar
Sabtu, 29 Jun 2019  15:26   |   Dibaca: 1,310

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut negosiasi perdagangan antara China telah kembali ke jalur yang semestinya setelah pembicarannya dengan Presiden China Xi Jinping berlangsung positif.

Bahkan, Beijing menyebut bahwa Washington telah setuju untuk menahan pengenaan tarif baru untuk produk China pasca melakukan pembicaraan di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Osaka, Jepang.

Pembicaraan tentang friksi perang dagang yang telah merusak ekosistem perdagangan antara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu memang digelar di negeri Sakura, seperti dikutip AFP, Sabtu (29/6/2019).

"Kami mengadakan pertemuan yang sangat baik dengan Presiden XI," kata Trump pasca pertemuan sekaligus menyebut bahwa pembicaraan berlangsung positif.

"Kami segera kembali ke jalur semula," kata Trump tanpa mengkonfirmasi apakah ada perjanjian baru yang disepakati antar kedua negara.

Kedua belah pihak diperkirakan akan mengeluarkan pernyataan resmi dalam waktu yang tak akan lama. Namun, media pemerintah China mengatakan AS telah berkomitmen untuk tidak mengenakan tarif baru pada barang China.

Kedua belah pihak, masih menurut media negeri Tirai Bambu itu, pun telah sepakat untuk memulai kembali perundingan perdagangan dan ekonomi kedua negara tersebut.

Sebagai informasi, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan siap untuk mencapai kesepakatan bersejarah dengan Presiden China XI Jinping terkait dengan masalah perang dagang yang selama ini telah berlangsung.

Hal tersebut ditegaskan Presiden Trump saat menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Jinping di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara anggota G-20 di Osaka, Jepang, seperti dikutip AFP,

Pertemuan tersebut dimulai dengan nada positif dari Trump dengan menyebut "Akan bersejarah jika kita bisa melakukan kesepakatan perdagangan yang adil ... Kita benar-benar terbuka untuk itu," jelas Trump

Sementara itu, Jinping mengatakan bahwa `dialog` antara AS dan China jauh lebih baik dibandingkan harus melakukan konfrontasi, seperti yang sudah dilakukan kedua negara dengan balas membalas tarif barang dari negara masing-masing.

Berita Terkait
Populer
5
Kamis, 25 Jun 2020  13:27
7
Kamis, 25 Jun 2020  15:55