Sinergi BPAN AI Cilacap dengan Pemdes Bunton Terkait Penambangan Pasir dan Indonesia Power

Sinergi BPAN AI Cilacap dengan Pemdes Bunton Terkait Penambangan Pasir dan Indonesia Power
Senin, 26 Ags 2019  16:48   |   Dibaca: 1,047

Ketua, Wakil dan Anggota Badan Penelitian Aset Negara Aliansi Indonesia (BPAN AI) DPC Kabupaten Cilacap melakukan kunjungan ke kantor Desa Bunton Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap Jawa Tengah.

Kunjungan tersebut selain untuk silaturahmi juga untuk mensinergikan BPAN AI Cilacap dengan Pemdes Bunton dalam menyelesaikan berbagai permasalahan masyarakat Desa Bunton, khususnya mengenai dampak negatif akibat debu batubara (Limbah B3) akibat aktifitas PLTU oleh PT. Indonesia Power (IP), serta dampak negatif terhadap lingkungan akibat aktifitas penambangan pasir di Dusun Bogemanjir Desa Bunton.

Kepala Desa Bunton Udin Prayoga menyambut positif dan siap untuk bersinergi dengan BPAN AI, bukan hanya terkait IP dan penambangan pasir, namun juga untuk mendukung Motto, Visi dan Misi Aliansi Indonesia.

Dengan sinergi itu diharap berbagai permasalahan masyarakat di Desa Bunton dapat teratasi dengan baik demi kepentingan masyarakat.

Ketua BPAN AI Cilacap Dwi Adi Rismanto mengatakan kunjungan ke Pemdes Bunton itu merupakan salah satu dari berbagai aktifitas BPAN AI Cilacap.

"Setiap daerah, setiap wilayah, punya karakteristiknya masing-masing. Sama-sama di Cilacap yang di perkotaan dan pedesaan karakteristik masyarakat dan permasalahannya berbeda-beda. Kami ingin memulai dengan penguatan di desa-desa, di mana banyak masyarakat desa yang jika diberdayakan secara positif akan sangat memegang peranan penting dalam kemajuan di Kabupaten Cilacap, di berbagai aspeknya," kata dia.

Begitupun dengan berbagai permasalahan, jika di tingkat desa bisa tertangani dengan baik, maka dampak positifnya akan dirasakan di skala yang lebih luas.

"Dalam hal limbah B3 Indonesia Power dan aktifitas penambangan yang sangat berdampak negatif terhadap lingkungan hidup maupun kualitas hidup masyarakat di Dusun Bogemanjir itu, kami optimis dengan niat baik dan sinergi berbagai pihak akan dapat teratasi dengan baik pula," pungkasnya.

Berita Terkait
Populer