Seluruh OPD Dukung KKT Jadi Kabupaten Layak Anak

Seluruh OPD Dukung KKT Jadi Kabupaten Layak Anak
Rabu, 28 Ags 2019  10:14   |   Dibaca: 558

Media AI KKT - Kunjungan kerja Menteri PPA Republik Indonesia Prof. DR. Yohana Yembise di Kabupaten Kepulauan Tanimbar merupakan suatu hal yang membanggakan karena pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sudah mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Kurang labih selama empat hari Ibu Menteri bersama rombongan secara langsung melihat dari dekat suasana Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku dari dekat. Dengan berbagai agenda kegiatan yang dilaksanakan di kabupaten ini.

Setelah Ibu Menteri tiba di Bandara Mathilda Batlajeri selasa (27/08) mendapat sambutan hangat dari seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Melalui perjalanan yang panjang dengan beristirahat sejenak Ibu Menteri pada sore hari melakukan kegiatan tatap muka dengan Tokoh agama, pimpinan OPD, Organisasi Perempuan, anggota DPRD, Forkopimda, para wartawan dan tamu undangan lainnya.

Ikut dalam rombongan kunjungan kerja Menteri PPPA RI yaitu Isteri Gubernur dan isteri Wakil Gubernur Maluku, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK provinsi Maluku, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan KKT, Deputi Kementrian PPA, staf khusus Kementerian dijajaran Kementrian PPA Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Kunjungan kerja yang dilakukan dirasakan dapat memberikan angin segar bagi perempuan dan anak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Karena dengan dilakukan kunjungan kerja ini dapat meningkatkan pemberdayaan perempuan dan meningkatkan perlindungan sekaligus perhatian serius dalam penanganan persoalan anak dan perempuan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dalam kegiatan tatap muka yang dilaksanakan di gadung kesenian Saumlaki selasa (27/08) sore, Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, SH.MH dalam sambutan tertulisnya mengatakan ," Masyarakat Kepulauan Tanimbar merasa bangga dengan kehadiran Ibu Menteri, ketika Ibu Menteri tiba di bandara Mathilda Batlayeri menuju vila Bukit Indah terpampang baliho ucapan selamat datang terlihat hampir di semua Kantor Dinas, Badan, ini pertanda masyarakat di Kabupaten ini menyambut dengan gembira kedatangan Ibu Menteri di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang terdiri dari 10 kecamatan, 80 Desa, satu kelurahan dan 5 Dusun."

Jumlah penduduk di Kabupaten Kepulauan Tanimbar kalau diuraikan jumlah perempuan sebanyak 64 ribu lebih atau 49 ℅, sedangkan dari 4000 lebih pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kepulauan Tanimbar ternyata didominasi oleh kaum perempuan yang jumlahnya lebih banyak dari kaum laki - laki. Jumlah pegawai perempuan yakni 2004 pegawai atau sebantak 56%, pada pegawai eselon dua sebanyak 4 orang, eselon 3 sebanyak 30 orang, dan eselon 4 berjumlah 178 orang.

Sebagai informasi pengembangan blok Masela kepada Ibu Menteri, seluruh pengembangan dan pembangunan infrastruktur blok Masela yang dilakukan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar lokasinya tepat di Kecamatan Tanimbar Selatan Pulau Yamdena. Penyiapan sumber daya manusia khususnya dibidang migas masih saja minim oleh karena itu dibutuhkan campur tangan pemerintah provinsi Maluku demikian juga pemerintah pusat.

" Persoalan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di Indonesia masih tinggi juga persoalan yang terjadi di Indonesia Timur khususnya, untuk itu perlu mendapat perhatian serius dengan berbagai upaya yg harus dilakukan dengan kerja sama yang baik oleh berbagai pihak dalam penanganan persoalan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Hal ini juga mendapat perhatian dari Perserikatan Bangsa Bangsa dan negara - negara di seluruh dunia,." dikatakan Menteri PPPA RI Prof. DR. Yohana Yembise.

Usai tatap muka dilakukan stop door oleh sejumlah insan pers baik dari dalam maupun dari luar Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Dalam wawancara tersebut Ibu Menteri PPPA mengatakan," Mari kita sama membangun daerah ini teritama saya titip kepada Pa Bupati agar memberdayakan kaum perempuan melindungi perempuan dan anak - anak di Kepulauan ini. [IS]

Berita Terkait
Populer