Polsek Makasar Sinergi Dengan Aliansi Indonesia Untuk Stop dan Cegah HOAX

Polsek Makasar Sinergi Dengan Aliansi Indonesia Untuk Stop dan Cegah HOAX
Sabtu, 23 Feb 2019  14:36   |   Dibaca: 1,287

Kapolsek Makasar, Jakarta Timur, Kompol Lindang Lumban T., SH, berkunjung ke Rumah Rakyat Aliansi Indonesia untuk silaturahmi dan meningkatkan sinergi dengan Aliansi Indonesia, Jumat, 22 Februari 2019.

"Pertama-tama tentu untuk silaturahmi, karena setelah menjabat Kapolsek di Makasar, saya belum pernah silaturahmi ke Aliansi Indonesia. Yang kedua tentu untuk meningkatkan sinergi yang selama ini sudah terjalin baik, dalam menjaga ketenteraman kehidupan masyarakat di kecamatan Makasar, khususnya dalam menyikapi maraknya HOAX (berita bohong -red) agar tidak sampai mengganggu kerukunan dan ketenteraman bersama," kata Lindang.

Kompol Lindang sangat mengapresiasi penyampaian Ketua Umum AI, H. Djoni Lubis, bahwa AI sudah berdiri di garda terdepan untuk Stop dan Cegah HOAX, sehingga menurut Lindang hal tersebut tinggal disinergikan lebih lanjut, karena memiliki konsern yang sama.

Dalam kesempatan tersebut H. Djoni Lubis juga memaparkan tentang 5 (lima) pilar kebangsaan AI, di mana berbeda dengan MPR yang hanya menetapkan 4 (empat) pilar, AI mengembalikan pilar pertama yang sangat krusial, yaitu Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi menjadi krusial karena, menurut Ketua Umum AI, kemerdekaan yang diakui ada dua versi, yaitu 17 Agustuskan 1945 sebagaimana diprokalmasikan oleh Soekarno-Hatta, dan tanggal 27 Desember 1949 berdasarkan penyerahan kedaulatan RI yang ditandatangani di Istana Dam, Amsterdam.

Selain itu produk dari Proklamasi Kemerdekaan RI adalah UUD 1945, di mana di dalamnya termaktub bentuk negara RI adalah Negara Kesatuan. Sedangkan penyerahan kedaulatan pada tanggal 27 Desember 1949 menghasilkan UUDS 1950, dan bentuk negara adalah serikat (Republik Indonesia Serikat - RIS).

Sehingga pilar bangsa dan negara RI yang tepat adalah 5 (lima), yaitu (1) Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945; (2) Pancasila;(3) UUD 1945; (4) Negara Kesatuan Republik Indonesia; (5) Bhinneka Tunggal Ika.

Usai ramah tamah dan foto bersama di ruang kerja Ketua Umum AI, Kapolsek Makasar berkesempatan untuk mengunjungi ruang dan bangunan lain di kompleks Rumah Rakyat AI.

Berita Terkait
Populer