Pembangunan RRAI yang Mengintegrasikan Aspek Sosial, Bisnis dan Spiritual

Pembangunan RRAI yang Mengintegrasikan Aspek Sosial, Bisnis dan Spiritual
Jumat, 01 Mar 2019  17:14   |   Dibaca: 1,029

Ketua Umum Aliansi Indonesia, H. Djoni Lubis, memaparkan konsep pembangunan kompleks Rumah Rakyat Aliansi Indonesia (RRAI) yang mengintegrasikan beberapa aspek sekaligus yang meliputi aspek sosial, bisnis dan spiritual.

"Kalau disingkat ya `dunia dan akhirat`, kalau mau sedikit diurai ya meliputi aspek sosial, bisnis dan spiritual," ujarnya sambil mengontrol langsung pelaksanaan pembangunan RRAI didampingi oleh Kornas Basus D-88 AI, Ketua DPD Jatim Basus D-88 AI dan Waketum Bidang Medkom AI.

Aspek sosial karena memang merupakan basis Aliansi Indonesia sebagai lembaga tinggi rakyat, di mana fungsi sosial dan kontrol sosial menjadi arus utama, baik dalam membantu masyarakat yang termarjinalkan dan hak-haknya dizhalimi maupun dalam mengawal kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah.

Aspek bisnis, yang ditandai dengan beberapa unit usaha di AI, juga penting. Bisnis di sini adalah mendorong dan mempelopori jiwa wira usaha di kalangan masyarakat.

"Jika jiwa wira usaha yang kemudian mendorong menjadi pelaku usaha tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat, itu akan menggerakkan perekonomian negara dimulai di ekonomi mikro, membantu memperkokoh perekonomian negara, membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran, dan seterusnya," imbuhnya.

Kemudian aspek spiritual yang tidak kalah pentingnya, karena sebagai warga negara yang berdasarkan Pancasila, aspek spiritual yang merupakan pengamalan dari sila pertama `Ketuhanan yang Maha Esa` tidak boleh diabaikan.

"Sehingga kita tidak melulu hanya mengejar dunia, tapi juga mempersiapkan untuk akhirat," kata dia.

Aspek spiritual itu, menurut H. Djoni Lubis, ditandai dengan adanya masjid di kompleks RRAI dan sedang dipersiapkan pembangunan panti asuhan yatim piatu. 

Salam 2 Periode
Berita Terkait
Populer