Membangun SDM Berkualitas Melalui PAUD dan PNF di Mandailing Natal, Sumut

Membangun SDM Berkualitas Melalui PAUD dan PNF di Mandailing Natal, Sumut
Selasa, 27 Ags 2019  18:22   |   Dibaca: 1,044

Badan Penelitian Aset Negara Aliansi Indonesia (BPAN AI) DPC Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut) menunjukkkan komitmen untuk membangun Sumberdaya Manusia (SDM) berkualitas di Mandailing Natal.

"Salah satu fokus utama dari program kerja Bapak Presiden di periode ke-2 nanti adalah membangun SDM. Membangun SDM yang paling efektif tentunya melalui pendidikan," kata Mora Parlindungan, Ketua BPAN AI DPC Mandailing Natal.

Namun belum semua warga negara bisa mengenyam pendidikan formal, sehingga pendidikan non formal, menurut Mora, harus ditingkatkan kualitasnya, bukan hanya sebagai alternatif bagi mereka yang pendidikan formalnya kurang memadai, namun juga untuk memperkuat atau meningkatkan dari apa yang sudah di dapat dari bangku pendidikan formal.

Selain itu pendidikan sejak usia dini juga memegang peranan sangat penting.

"Di usia dini inilah pondasinya. Jika pondasinya sudah kuat, untuk ke jenjang berikutnya peluang untuk menuju SDM yang berkualitas tentunya lebih terbuka," kata dia.

Untuk itu, BPAN AI menjalin kerjasama dengan yang berwenang yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal, melalui Bidang Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF). Arryani S Pane,S.Psi beberapa waktu lalu.

"Sangat positif, karena banyak hal bisa kami sinergikan, antara Ibu Kabid PAUD dan PNF dengan BPAN AI," imbuhnya.

BPAN AI dan Kabid PAUD dan PNF memiliki konsern yang sama yaitu meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Mandailing Natal. Dan audiensi tersebut akan ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lebih intens dalam waktu dekat ini.

Dalam audiensi tersebut Mora Parlindungan didampingi oleh Ketua BPAN AI DPC Kota Medan, Fika Amanda Lubis. Fika sebelum menjadi Ketua BPAN AI Kota Medan pernah menjadi Ketua BPAN AI Kabupaten Mandailing Natal.

"Jadi beliau (Fika Lubis) senior sekaligus mentor saya di Aliansi Indonesia," ujar Mora.

Berita Terkait
Populer