Ketum LAI: Pelatihan Kewirausahaan Sangat Penting Untuk Membangkitkan UMKM

Ketum LAI: Pelatihan Kewirausahaan Sangat Penting Untuk Membangkitkan UMKM
Selasa, 18 Des 2018  23:23   |   Dibaca: 1,666

Ketua Umum Lembaga Aliansi Indonesia (LAI), H. Djoni Lubis, mengatakan pelatihan-pelatihan kewirausahaan itu sangat penting untuk membangkitkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menopang perekonomian negara.

Hal tersebut dikatakan oleh Djoni Lubis dalam sambutannya di acara Pelatihan Kewirausahaan LAI bersama CV. Samulo Usaha Mandiri, di kompleks Rumah Rakyat AI, Jl. Raya Pintu II TMII No. 54, Pinang Ranti, Jakarta Timur, Selasa (18/12/2018).

Pelatihan kewirausahaan yang bertema "Menuju Wirausaha Mandiri Bersama Lembaga Aliansi Indonesia" itu, menurut H. Djoni Lubis, bukan merupakan pelatihan satu-satunya. Secara berkala akan dilakukan pelatihan-pelatihan lainnya dengan jenis usaha yang berbeda.

Dalam pelatihan yang dikhususkan untuk wirausaha Salon Mobil & Motor itu, dilakukan demo terhadap mobil dinas Ketua Umum LAI dan pengurus pusat LAI lainnya.

H. Djoni Lubis berharap, setiap pengurus LAI baik di pusat maupun di daerah memiliki jiwa kewirausahaan, untuk menopang perekomian keluarganya, serta dapat pula dimanfaatkan untuk menopang kegiatan kelembagaan.

"Kalau tiap pengurus DPD, DPC, dan DPAC memiliki usaha sendiri, kan hebat itu. Bisa untuk menopang operasional lembaga di tempatnya masing-masing," kata dia.

Dengan memiliki suatu usaha serta dengan menularkan jiwa kewirausahaan, pengurus LAI bisa menampilkan wajah lain dari LAI serta bisa menjadi pelopor kewirausahaan. 

"Wirausaha juga berperan sangat signifikan dalam mengurangi angka pengangguran. Selain pelaku usahanya sendiri yang tidak menganggur, juga bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain, terutama di lingkungan sekitarnya," pungkasnya.

Berita Terkait
Populer