Ketua Departemen Intelijen Investigasi Lembaga Aliansi Indonesia Apresiasi Berdirinya PWO Independen

Ketua Departemen Intelijen Investigasi Lembaga Aliansi Indonesia Apresiasi Berdirinya PWO Independen
Selasa, 10 Apr 2018  17:31   |   Dibaca: 10,639

Sebagai wadah organisasi yang menghimpun wartawan khususnya wartawan online, ratusan wartawan yang terdiri dark berbagai media online perwakilan se-indonesia melaksanakan Deklarasi Perkumpulan Wartawan Online Independen (PWO- Independen) yang bertempat di Hotel Dirga, Cibulan Bogor pada Minggu pagi (08/04-2018)

Ketua Umum PWO Independen Dra Marnala Manurung dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari deklarasi sebagai wadah berhimpunnya seluruh wartawan online di seluruh pelosok tanah air.

"Mari kita saling bergandengan tangan meningkatkan kemampuan, menjalankan kode etik dan berkomitmen tidak membuat berita tidak benar sehingga dapat menimbulkan berita hoax. Wartawan media online yang menyatakan bergabung sudah 27 Provinsi. PWO Independen memiliki tekad untuk Mewujudkan kedaulatan Wartawan Online dalam rangka mengembangkan kehidupan Demokrasi, Keadilan, Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Perkumpulan Wartawan Online Independen ini sebagai organisasi wartawan Online yang memiliki tanggung jawab serta profesionalisme yang tinggi taat pada konstitusi dan setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," ujar Marnala Ketum PWO Independen terpilih ini

Sedangkan Mayjen TNI (purn) Hendardji Soepandji sebagai Dewan Pembina IPJI menyampaikan bahwa profesi wartawan adalah profesi yang sangat mulia dan dilindungi Undang-Undang tentang Pers, ungkap Hendardji

Hendardji menambahkan Jurnalis adalah news hunter (pemburu berita) dan agen perubahan yang harus mampu berfikir kritis, logis dan analitis serta mampu menjawab pertanyaan 5W 1H agar berita yg disajikan berkualitas, menarik dan mampu memberikan solusi terhadap problem yg muncul di masyarakat,harus Kritis, mampu melihat kesenjangan yg timbul di masyarakat, dan Logis yaitunya bila berita awal tidak lengkap fakta dan data maka jurnalis harus mampu mengejar pertanyaan 5W 1H untuk mendapat jawaban yang terukur untuk dapat menyajikan berita yang lengkap dan sempurna, serta anilitis, yang mana jurnalis tidak hanya sekedar menyajikan berita yang aktual, akan tetapi mampu melengkapi berita lewat suatu wawacara dalam rangka memecahkan masalah yang timbul.

Melalui deklarasi ini, ada harapan dan tanggung jawab besar bagi wartawan untuk terus meningkatkan kemampuan, menjunjung tinggi kode etik jurnalistik serta berkomitmen terhadap berita yang dibuatnya,ungkap Hendardji mantan Danpuspom ini.

Sementara itu Ketua Umum DPP Lembaga Aliansi Indonesia yang diwakili oleh Ketua Departemen Intelijen Investigasi Aris Witono sangat mengapresiasi sekali atas berdirinya PWO Independen sebagai wadah bagi wartawan khususnya media online, beliau berharap agar wadah yang sudah ada ini dapat menampung, merangkul dan memberikan solusi terhadap apapun kendala dan permasalahan yang terjadi dlingkungan media online khususnya wartawannya. Beliau berharap agar wartawan online yang berhimpun disini sebagai bagian terdepan dalam hal informasi pemberitaan.

Aris witono juga menjelaskan tentang Aliansi Indonesia "Lembaga ini bermottokan mengajak seluruh pejabat tinggi negara, TNI /Polri, pengusaha dan masyarakat pada umumnya untuk stop dan cegah pungutan liar, korupsi, kolusi dan nepotisme, terorisme dan narkoba untuk menyelamatkan aset negara, menegakkan keadilan dan kebenaran dan menjaga NKRI"

Terkait sebuah aset negara yang diperjualbelikan, Aris menjelaskan "Aset Negara tidak boleh diperjualbelikan, sudah menjadi ketentuannya begitu, boleh di alih fungsikan dan dimanfaatkan dengan aturan-aturan yang sangat ketat. Jikalau sudah terjadi jual beli, maka kita akan sikapi oknumnya, oknum penjualnya, dengan terlebih dahulu kita teliti, apakah tanah tersebut benar-benar menjadi aset, itulah tugas kami"

Jikalau kita menemukan oknum yang menyalahgunakan wewenang dan jabatan, apabila itu tanah negara, seperti aset pemda itu pasti tercatat di IKMN (Investaris Kekayaan Milik Negara) cq.pemda masing-masing, jika tanah tersebut tidak tercatat, berarti itu tanah negara. Kalau ada oknum yang bermain, maka kami akan laporkan kepada pimpinan kami, karena kami mempunyai regulasi, apabila ditemukan adanya dugaan pelanggaran penyalahgunaan wewenang dan jabatan oleh aparatur pemerintahan, kita akan cari data siapa, dimana, apa, bagaimana yang diikuti oleh tiga bukti, yaitunya ada Dokumen, ada Gambar dan suara, maka kami akan laporkan kepada pimpinan ketua umum aliansi Indonesia H. Djoni Lubis untuk menyikapinya, yang didukung oleh data, sehingga nantinya tidak menimbulkan fitnah, ungkap Aris mengakhiri. (Megy)

Berita Terkait
Populer