H. Djoni Lubis: Ibadah Qurban Implementasi Solidaritas Sosial untuk Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

H. Djoni Lubis: Ibadah Qurban Implementasi Solidaritas Sosial untuk Mendekatkan Diri Kepada Tuhan
Kamis, 30 Jul 2020  15:32   |   Dibaca: 1,108

Ketua Umum Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) H. Djoni Lubis menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Adha tahun 1441 H kepada segenap kaum muslimin, khususnya di Indonesia.

Ucapan itu disampaikan oleh H. Djoni Lubis dari Kantor DPP LAI, Kompleks Rumah Rakyat AI, Jalan Raya Pintu II TMII Nomor 54, Pinang Ranti, Jakarta Timur, Kamis (30/07/2020).

Dia juga menghimbau kepada anggota dan pengurus LAI yang muslim dan mampu untuk bisa ikut menunaikan ibadah qurban.

"Qurban itu dari kata qaraba, artinya mendekatkan diri. Jadi ibadah qurban itu mendekatkan diri kepada Tuhan, kepada Allah Subhanahu wa ta`ala," kata dia.

Mendekatkan diri dalam konteks ibadah Qurban, menurut H. Djoni Lubis diimplementasikan dengan kesediaan berkorban, kesediaan berbagi dan menumbuhkan solidaritas sosial serta rasa cinta kepada sesama manusia.

“Jadi bukan darah dan daging hewan qurban yang sampai ke hadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa, namun solidaritas sosial dan cinta terhadap sesama itu yang diridhoi Allah Subhanahu wa ta’alaa,” imbuhnya.

Tak lupa Ketua Umum LAI itu mengajak untuk sama-sama berdoa agar pandemi covid-19 segera berlalu, khususnya di tanah air, dan aktifitas serta perekomian segera pulih kembali.

“Sangat banyak rakyat kecil yang terdampak sangat serius dengan pandemi ini, jadi selain tetap disiplin dengan protokol kesehatan, mari kita sama-sama berdoa,” ajaknya.

Menurut keterangan Sekjen LAI T. Bustamam, Pengurus DPP LAI direncanakan akan berkorban 8 (delapan) ekor kambing yang akan dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijah 1441 H yang bertepatan dengan hari Jumat tanggal 31 Juli 2020.

Berita Terkait
Populer