Desa Cipondok, Tasikmalaya, Dicanangkan Sebagai Desa Wisata Industri Kerakyatan

Desa Cipondok, Tasikmalaya, Dicanangkan Sebagai Desa Wisata Industri Kerakyatan
Selasa, 01 Okt 2019  18:00   |   Dibaca: 588

Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto telah menjadikan dua desa di Tasik Utara sebagai Desa Wisata Industri Kerakyatan. Salah satunya adalah Desa Cipondok, Kecamatan Sukaresik.

Dipilihnya Desa Cipondok karena desa tersebut banyak potensi untuk dijadikan komoditi usaha mikro. Desa Cipondok telah memiliki Paguyuban Industri Kecil yang di antaranya menjadi unggulan, yaitu pengembangan budi daya ulat sutra. Bukan hanya budi daya, namun juga memproduksi kain sutra yang masih diolah secara tradisional.

Pemkab Tasikmalaya pada tanggal 28 September 2019 mengundang Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Kris Budiharjo dan Ketua Umum UKM – IKM Nusantara Hj. Candra Manggih Rahayu untuk memberikan arahan kepada masyarakat Desa Cipondok yang merupakan pelaku-pelaku industri kecil di desa tersebut. Pengarahan tersebut bertujuan agar kualitas hasil produksi masyarakat Desa Cipondok dapat ditingkatkan.

Selain budi daya ulat sutra di Desa Cipondok juga terdapat usaha-usaha kecil lainnya. Sehingga dalam pengarahan itu dipaparkan juga tentang tatacara yang baik tentang budi daya jangkrik dan jamur. Begitupun dengan industri makanan khas Tasikmalaya.

Bukan hanya tentang bagaimana menghasilkan produk yang baik dan berkualitas, dipaparkan juga tentang bagaimana strategi pemasaran maupun untuk mendapatkan modal usaha.

Kris Budiharjo dalam kesempatan itu meminta kepada Kepala Desa Cipondok Giri Pribadi, Spd, yang merupakan pembina dan penanggungjawab Paguyuban Masagi (nama salah satu kelompok industri kerakyatan setempat) agar aktif mengembangkan serta meningkatkan pemasaran di antaranya dengan mengikuti even-even pameran, khususnya pameran kain sutra.

Dengan sering mengikuti pameran diharapkan segmen pasar kain sutra hasil penduduk Desa Cipondok akan bertambah luas, bukan hanya di dalam negeri namun juga mampu menjangkau ke luar negeri.

Di samping itu perlu diurus juga merk yang dipatenkan untuk kain sutra Desa Cipondok.

Sementara itu Hj. Candra Manggih Rahayu menyatakan mendukung dan akan membantu pelaku usaha di Desa Cipondok yang berada di bawah naungan paguyuban baik dalam pemasaran maupun dalam mendapatkan modal usahan.

Lebih lanjut Kepala Desa Giri Pribadi mengatakan bersyukur desanya dicanangkan sebagai Desa Wisata Industri Kerakyatan. Dia berharap dengan pembinaan yang berkelanjutan Desa Cipondok akan semakin maju dan akan meningkatkan kesejahteraan warganya.

Berita Terkait
Populer
6
Sabtu, 21 Sep 2019  14:42