Densus 88 Ciduk 5 Terduga Teroris Jamaah Islamiyah, Afiliasi Al-Qaeda

Densus 88 Ciduk 5 Terduga Teroris Jamaah Islamiyah, Afiliasi Al-Qaeda
Senin, 01 Jul 2019  16:33   |   Dibaca: 594

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dan Satgas Anti Teror Polda Jawa Barat menangkap amir atau pimpinan organisasi teroris Jamaah Islamiyah (JI) yang sudah dilarang PN Jaksel bernama Para Wijayanto (PW).

Tersangka PW alias Abang alias Adji Pangestu alias Abu Askari alias Ahmad Arief alias Ahmad Fauzi Utomo ditangkap pada Sabtu (29/6/2019) pukul 06.12 WIB di salah satu hotel di daerah Jatiraden, Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan bahwa tersangka PW merupakan amir organisasi Jamaah Islamiyah pengganti Zarkasih yang diamankan lebih dulu. Setelah Zarkasih ditangkap, tongkat kepemimpinan diserahkan ke PW hingga saat ini.

Selain PW, menurut Dedi pada waktu yang sama, Densus 88 Antiteror juga menangkap beberapa terduga teroris lainnya. Mereka adalah Masitha Yasmin (MY) yang merupakan isteri PW, dan Bambang Suyoso (BS) yang berperan sebagai penghubung antara PW dengan kader JI yang baru direkrut.

"Tersangka PW ini sebelum jadi amir, dia sempat ada di posisi bidang intelijen dan militer JI. Lalu setelah amir sebelumnya ditangkap, PW langsung dibaiat untuk menjadi JI Indonesia. JI ini lebih tua dari pada ISIS dan berafiliasinya ke organisasi Al-Qaeda," tuturnya, Senin (1/7/2019).

Dedi menjelaskan setelah menangkap PW, MY, dan BS pada Sabtu (29/6/2019), Densus 88 menangkap lagi 2 terduga teroris bernama Abdurrahman (A) di Kota Bekasi Jawa Barat yang merupakan tangan kanan PW, pada Minggu (30/6/2019).

Sementara itu, terduga teroris Budi Tri (BT) alias Khaidar alias Gani selaku pimpinan JI Jawa Timur yang diringkus di Ponorogo Jawa Timur. Menurut Dedi, seluruh teroris yang ditangkap itu tengah dimintai keterangan untuk mengungkap pelaku lainnya.

"Semuanya sudah kami amankan dan masih dalam pemeriksaan untuk mengungkap tersangka lain," katanya.

Berita Terkait
Populer
7
Kamis, 01 Ags 2019  03:10
9
Rabu, 31 Jul 2019  01:59