Apresiasi dan Dukungan ke Kejagung RI Untuk Benar-Benar Menuntaskan Kasus Jiwasraya

Apresiasi dan Dukungan ke Kejagung RI Untuk Benar-Benar Menuntaskan Kasus Jiwasraya
Jumat, 03 Jul 2020  12:15   |   Dibaca: 3,024

Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) menyampaikan pernyataan resmi dukungan kepada Kepala Kejaksaan Agung (Kejagung) RI terkait kasus mega skandal korupsi di PT. Asuransi Jiwasraya, salah satu BUMN berbentuk persero.

Apresiasi untuk kinerja Kejagung RI yang telah mengungkap kasus mega skandal tersebut yang bukan hanya membutuhkan keahlian di bidang hukum yang mumpuni tapi juga membutuhkan keberanian dan ‘polical will’.

“Keberanian dan ‘political will’ untuk mengungkap kasus besar ini yang masih jarang terjadi. Sehingga apresiasi sangat pantas kami sampaikan kepada Kejagung RI,” kata H. Djoni Lubis di kantor DPP LAI, Jalan Raya Pintu II TMII Nomor 54, Pinang Ranti, Jakarta Timur.

Ketua Umum LAI itu menambahkan, setelah apresiasi berikutnya adalah dukungan agar kasus tersebut terus didalami dan dilanjutkan serta dituntaskan sesuai data-data dan fakta yang berkembang selama proses penyidikan.

“Dukungan dari rakyat menjadi krusial, karena sangat besar kemungkinan kasus tersebut merembet ke sejumlah oknum konglomerat dan pejabat negara baik yang masih aktif maupun sudah tidak aktif,” imbuh H. Djoni Lubis.

Kasus-kasus besar selama ini lebih banyak berhenti hanya di pihak-pihak yang ditumbalkan tanpa pernah bisa menyentuh pelaku utama atau dalangnya.

“Seperti kasus korupsi e-KTP beberapa waktu lalu, ada indikasi kasus tersebut hanya akan berhenti di pejabat setingkat dirjen yang seperti hanya ditumbalkan. Lalu kami sampaikan dukungan serta dorongan kepada KPK RI,” kata Ketua Umum LAI.

Mega skandal Jiwasraya ini membutuhkan dukungan dan dorongan yang sama bahkan lebih. Apalagi kerugian yang diakibatkan mencapai angka 17 trilyun Rupiah lebih serta kemungkinan benturan kepentingan politik antar elit yang sangat tinggi.

“Walaupun langit akan runtuh, keadilan dan kebenaran harus ditegakkan,” pungkas H. Djoni Lubis dengan tegas.

Berita Terkait
Populer
6
Jumat, 07 Ags 2020  14:29