Aliansi Indonesia Laporkan Proyek "Asal-asalan" di Pali ke Kejati Sumsel

Aliansi Indonesia Laporkan Proyek "Asal-asalan" di Pali ke Kejati Sumsel
Selasa, 17 Sep 2019  23:05   |   Dibaca: 4,062

Badan Penelitian Aset Negara Aliansi Indonesia (BPAN AI) DPC Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) resmi melaporkan proyek peningkatan Jalan Harapan Jaya - Lunas Jaya di Kaabupaten Pali yang terkesan dikerjakan asal-asalan ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Kejati Sumsel) 

Proyek dengan nomor kontrak: 094 / 002 / PJHJLJ / SPK / APBD / DPU / VII tersebut terindikasi dikerjakan jauh diluar spesifikasi. Indikasi itu terlihat dari jalan yang sudah retak-retak meskipun pembangunan baru satu bulan. Selain itu ukurannya juga tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB).

Dugaan penyimpangan lain bisa dilihat dari semen, yang seharusnya menggunakan Readymix, ternyata hanya menggunakan molen biasa.

Ketua BPAN AI DPC Pali, Apriansyah, mengatakan temuan itu dia peroleh berdasarkan laporan masyarakat.

"Kami sudah dua kali mengirim surat klarifikasi ke dinas-dinas terkait di Pali, namun tidak ada jawaban. Jadi kami putuskan untuk melaporkan ke Kejati Sumsel," ujarnya saat mengunjungi kompleks Rumah Rakyat AI di Jakarta, Selasa (17/09/2019).

Dia menduga proyek tersebut sarat dengan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

Apriansyah berharap Kejati Sumsel akan memproses hukum terhadap dugaan penyimpangan proyek tersebut.

"Pali ini kabupaten pemekaran, akan sangat banyak dilakukan pembangunan. Proyek pembangunan yang dilakukan asal-asalan tidak boleh dibiarkan, agar uang rakyat baik dari APBN dan APBD tidak menguap ditilep pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab melalui praktek KKN," tegasnya.

Berita Terkait
Populer
6
Sabtu, 21 Sep 2019  14:42